Menentukan Nilai Awal sebelum diskon | Coding PHP

Yo welcome back gan !
Ngoding lagi kita..

Kali ini kita dihadapkan pada persoalan sebagai berikut!
Bapak Ilyas ingin membeli sebuah Monitor, setelah menemukan monitor yang ia inginkan, bapak Ilyas pun pergi menuju kasir untuk membayar monitor tersebut. Setelah diberikan potongan harga sebanyak 40% harga monitor tersebut menjadi Rp. 750.000. Hitunglah berapa harga awal dari monitor tersebut sebelum diberikan diskon.
Buat aplikasi web dengan bahasa pemrograman PHP untuk menentukan kategori Harga Awal 
sesuai keterangan di atas!

Oke. Disini kan sudah ditentukan untuk harga bayar serta diskonnya. Sudah ada pula harga awalnya. Terus kita ngapain dong ?
Tugas kita adalah mencari harga awal. Bagaimana cara menghitung harga awal saat harga bayar dan diskon sudah ditentukan. 
Biasanya kita dihadapkan dengan soal harga awal dulu kemudian di diskon hingga keluar harga bayar. Sekarang kita balik menjadi harga bayar dan diskon sudah diketahui dan berapa harga awalnya?
Oke jangan panik jangan khawatir. Kita cari solusinya. Berikut adalah codingan sederhana. Sangat sederhana.. kadang yang sederhana justru bisa bikin bahagia.. ;v

Abaikan yang didalam komentar gan 😑

Oke saya jelasin satu satu iya.
Pertama script html biasa tetapi disimpan dengan format .php ya gan. Kenapa ? Karena tugas diatas bilang dengan bahasa pemrograman PHP. Jadi simpan dengan format .php.
Saya jelaskn intinya saja ya. 
Disitu ada form dengan action nya kosong, menandakan actionnya ke file itu sensiri maksudnya ke dirinya sendiri. Jadi tidak memerlukan file lain untuk mengeksekusi atau memproses program tersebut.
Kemudian ada H1. H1 itu untuk judul biasanya. Atau elemen ukuran dalam pemrograman. Ada beberapa elemen mulai dari H1 sampai H6. H6 paling kecil.
Selebihnya saya tulis langsung. Bisa juga menggunakan label. Ada sebagian orng yang senang menggunakan label. Tapi bagi saya malah lama ngetik ya. Jadi langsung saja tulis semua. Kemudian ada BR. BR itu gunanya untuk garis baru atau enter.

Dibawah tag </html> ada script PHP untuk memproses supaya pertanyaan diatas bisa terselesaikan.
Didalam tag php cuma ada 1 code. Yaitu ECHO. Echo tu apa si ? Echo digunakan untuk mengeluarkan atau menampilkan hasil output sebanyak satu atau lebih data dengan dipisahkan titik atau koma.
Nah disini sebenarnya inti dari codingan diatas. 
Script echo sendiri adalah
Echo "string";
Loh? Gimana caranya echo bisa mengoprasikan perhitungan aritmatika sedangkan dia tipenya string ? Tenang jangan panik jangan khawatir. Kan tadi sudah di jelaskan bisa dipisahkan dengan titik. Titik itu tanda penghubung antara string dengan rumus.

Jadi begini perhitungannya.
Disoal kan sudah ditetapkan angka bayar kemudian diskonnya 40%. Jadi..
750.000 adalah 60% dari harga awal. Berarti 750.000 dibagi 60 hasilnya 12.500. Kemudian 12.500 dokali 40 hasilnya 500.000. Nah tinggal dijumlah 750.000 ditambah 500.000 hasilnya 1.250.000
Kemudian masukan kedalam codingan menjadi :
Untuk stringnya kita buat seperti yang di soal yaitu.
Echo "Jadi harga awalnya adalah : Rp ".((750000/60)*40+750000);

Ini hasil panggilnya. Jangan lupa save file dengan format .php dengan nama index supaya pas di panggil folder langsung terpanggil.



Mudah kan ? Simpel kan ?
Ngoding mah jangan dipikir gan. Jalanin aja nanti juga beres sendiri.. ga usah pusing bawa sans aja.. hehe
Terimakasih :v

Comments

  1. Makasih sarannya kakak :), sangant membantu :)

    ReplyDelete
  2. Ini anak lagi menggebu2 gan masuk ti, uwu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kayanya kurang motivasi untuk hidup. Kiy tatap muka ama ane. Ku ajak keliling dunia.. wkwk

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat kalkulator sederhana C# di Visual Studia | Ngoding

Application Lifecycle Management (ALM) | Requirement, Design, Development, Testing dan Maintenance

Tips Preventing Corona Virus | English Class

PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK