Encapsulation, Polymorphism, Override dan Interface. | C#

Udah males banget sebenarnya kalo disuruh ngoding, iya kan ? Tapi mau gimana, ini sebuah tuntutan yang mau ga mau harus dikerjain..

Oke pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu sedikit tentang Encapsulation, Polymorphism, Override dan terakhir Interface. 

Langsung saja kita bahas satu persatu.

1. Encapsulation

Encapsulation adalah mekanisme untuk membatasi akses ke kelas atau anggota kelas untuk bersembunyi keputusan desain yang cenderung berubah.

Enkapsulasi memberikan fleksibilitas kepada desainer kelas mengubah bagian kode bila diperlukan tanpa mengubah semua kode lain yang digunakan kode itu. Juga, ketika Anda menyembunyikan informasi, Anda menyembunyikan kompleksitas yang terkait dengannya. Sebagai hasilnya, dengan bantuan enkapsulasi, Anda dapat menulis kode yang lebih mudah dipahami dan mempertahankan. Karena anggota datanya disembunyikan dari pengguna kelas, pengembang kelas Rectangle dapat mengubah nama bidang data tanpa memerlukan perubahan apa pun dalam kode panggilan. 

Properti menawarkan cara yang bagus untuk merangkum bidang data bersama dengan logika yang menyertainya. Juga, pengubah akses seperti pribadi dan publik memungkinkan Anda untuk mengontrol tingkat akses untuk anggota kelas atau untuk kelas itu sendiri.


Access modifiers tempat tipe atau anggota tipe dapat digunakan. Ketika kode C # dikompilasi, kode dieksekusi output yang terkandung dalam. Dll atau .exe file juga disebut sebagai perakitan. Perakitan adalah unit kode yang dapat dieksekusi yang bisa secara mandiri diversi dan diinstal. Inheritance adalah fitur pemrograman berorientasi objek yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan kelas sekali, dan kemudian gunakan kembali kode itu berulang-ulang sebagai dasar kelas baru.

Warisan memungkinkan Anda membuat kelas baru yang menggunakan kembali, memperluas, dan mengubah fungsi yang ditentukan di kelas yang ada. Kelas yang mewarisi fungsi disebut kelas turunan, dan kelas yang fungsinya diwariskan disebut kelas dasar. Kelas turunan mewarisi semua fungsionalitas kelas dasar dan juga dapat menentukan fitur tambahan yang membuatnya berbeda dari kelas dasar.


2. Polymorphism

Polimorfisme adalah kemampuan kelas turunan untuk berbagi fungsi umum dengan basis kelas tetapi masih mendefinisikan perilaku unik mereka sendiri.
Baik kelas Rectangle dan Triangle menggantikan metode Drawing kelas dasar dengan milik mereka sendiri definisi dengan menggunakan kata kunci pengganti. Ketika dieksekusi, metode Utama menghasilkan yang berikut ini keluaran:
Menggambar: Polygon
Menggambar: Rectangle
Menggambar: Segitiga



3. Override

Ganti kata kunci menggantikan anggota kelas dasar di kelas turunan. Kata kunci baru membuat anggota baru dengan nama yang sama di kelas turunan dan menyembunyikan kelas dasar pelaksanaan.


Contoh Lain


Kelas System.Object menyediakan metode ToString. Dengan konvensi, Anda harus menggunakan ini metode untuk mengembalikan representasi yang dapat dibaca manusia untuk kelas. Ketika Anda membuat Anda jenis, itu adalah praktik yang baik untuk mengganti metode ini untuk mengembalikan informasi yang dapat dibaca tentang objek.


4. Interface

digunakan untuk membuat kontrak di mana objek dapat berinteraksi dengan masing-masing lainnya tanpa mengetahui rincian penerapannya. Antarmuka didefinisikan dengan menggunakan kata kunci antarmuka. Definisi antarmuka terdiri dari satu set tanda tangan untuk metode, properti, delegasi, acara, atau pengindeks. Definisi antarmuka tidak dapat terdiri dari bidang data apa pun atau detail penerapan apa pun seperti badan metode.



Cukup sampai disini yang bisa saya sampaikan. Semoga kalian ga pusing ya. Hehe

Terimakasih...

Comments

Popular posts from this blog

Membuat kalkulator sederhana C# di Visual Studia | Ngoding

Menentukan Nilai Awal sebelum diskon | Coding PHP